Umroh itu Berapa Hari Seharusnya?

Umroh itu Berapa Hari Seharusnya?

UMROH Itu Berapa Hari Seharusnya? Ada banyak pertanyaan yang mungkin ada dalam benak setiap orang yang akan melakukan ibadah umroh dan salah satu pertanyaan umum yang seringkali muncul tentang ibadah umroh adalah “umrah itu berapa hari?” pastinya jamak ditemukan.

Berkaitan dengan jangka waktu pelaksanaan umroh itu berapa hari, ada beberapa hal yang menentukan durasi pelaksanaan umroh, misalnya jumlah peserta umroh, paket perjalanan yang ditawarkan biro travel, serta anggaran yang dimiliki para jemaah. Sebenarnya, umroh sendiri dapat diselesaikan hanya dalam satu hari. Lantas, mengapa umumnya perjalanan umroh memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu?

Hal ini cukup beralasan karena berbeda dengan ibadah haji yang cenderung pasti waktu durasinya, masa pelaksanaan ibadah umrah cenderung bervariasi antara salah satu agen penyelenggara ibadah umrah dengan yang lainnya. Hal ini penting untuk diketahui terutama bagi para jamaah umrah yang bekerja sehingga akan lebih pasti untuk mengambil masa cutinya. Namun sayang, agak sulit untuk menentukan berapa jumlah hari pasti yang diperlukan untuk menunaikan ibadah umrah. Hal ini memang secara resmi tak ada durasi umrah pasti yang bisa ketahui.

Sebetulnya prosesi umrah sendiri hanya memakan waktu beberapa jam saja. Oleh karena itu perlu dibedakan antara waktu prosesi umrah, dan waktu paket umroh yang disediakan oleh travel umroh.

Umumnya travel umroh memberikan 2x prosesi umroh yang terjadwal dan terbimbing. Jika ingin sampai 3 kali itu bisa saja, tapi diluar jadwal. Secara sederhana prosesi umroh yang biasa dilakukan berkisar antara 6 jam sampai 12 jam. Tergantung dari mana miqot dimulai. Untuk prosesi umroh pertama biasanya berangkat dari Madinah, untuk soal waktu apakah siang hari  atau sore atau malam hari disesuaikan dengan itinerary. Perjalanan dari Madinah menuju miqot Bir Ali, kemudian sampai di Mekkah. Lama perjalanan biasa memakan waktu 6 Jam.  Setelah itu proses umroh dimulai dan berakhir sekitar 2 Jam kurang lebih prosesi umrohnya. Untuk prosesi umroh kedua cukup singkat, berangkat dari hotel Mekkah jam 09.00 untuk berangkat menuju miqot, kemudian kembali lagi ke Masjidil haram untuk memulai prosesi umroh sampai Ashar.

Hari kedua di Makkah biasanya digunakan para jemaah untuk mengunjungi tempat-tempat suci, seperti masjid dan makam para nabi. Kegiatan tur keliling Makkah dan daerah di sekitarnya tersebut biasanya berlangsung selama 2-3 hari setelah pelakasanaan ibadah umroh. Umumnya, rangkaian perjalanan umroh berakhir pada hari ke-6 atau 7.
Ada pula beberapa biro perjalanan umroh yang menawarkan paket perjalanan umroh plus wisata religi ke negara-negara seperti Turki, Mesir, Yordania, atau Palestina, selama beberapa hari. Paket wisata ekstra tersebut biasanya menawarkan perjalanan umroh plus selama 9-12 hari.

Ada baiknya, ketika merencanakan perjalanan umroh, kita memilih paket perjalanan sesuai kebutuhan. Jika kita tidak memiliki waktu banyak karena tanggungan pekerjaan, namun tetap ingin melaksanakan umroh, pilihlah paket perjalanan yang menawarkan jangka waktu singkat, khusus untuk ibadah umroh saja. Pada umumnya, biaya umroh cenderung lebih mahal karena adanya tambahan paket wisata religi ke negara-negara yang sudah disebutkan di atas. Jadi, bijaklah dalam menentukan kebutuhan ibadah umroh Anda.

Nah, itulah tadi ulasan singkat mengenai lamanya waktu pelaksanaan umroh. Semoga dapat menjawab pertanyaan Anda seputar alokasi waktu umroh yang biasanya diterapkan oleh biro perjalanan haji dan umroh. Siapkan segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan umroh Anda mulai dari sekarang agar ibadah Anda semakin nyaman dan khusyuk.

Buat anda yang ingin umroh di tahun 2020 kita punya rangkuman paket umroh awal tahun

Kami telah merangkum 3 paket umroh awal tahun ini dari sebuah travel umroh terbaik dan terpecaya Zhafirah Tours Travel :

1. Umroh Bulan Januari 2020

Dibulan Januari 2020 Zhafirah menyediakan Paket Umroh
Berangkat tanggal 13 Januari 2020, paket ini dibandrol dengan biaya 23,7 Juta dengan durasi umroh 9 hari. (PROMO), Dan
Berangkat tanggal 30 Januari 2020 dengan Biaya 35 Juta dengan durasi 12 Hari yakni Paket Umroh Plus Aqso.

2. Umroh Bulan Februari 2020

Dibulan ini Zhafirah Tours Travel membuka Paket Umroh Spesial MILAD. Berangkat tanggal 3 Februari 2020, paket ini berbiaya 23.700.000, dengan fasilitas terbaik umroh ini berdurasi 9 hari .

3. Umroh Bulan Maret

Umroh Maret 2020 Zhafirah memberikan Paket Umroh dibagi menjadi 2 pilihan dengan Paket Umroh Jumat’ain 27,5 Juta dan Paket Umroh Plus Turki 35 Juta.

4. Umroh bulan April

Dibulan April 2020 Zhafirah hadir dengan Paket Umroh Awal Ramadhan hingga akhir Ramadhan.

Silahkan Melihat Jadwal Keberangkatan Umroh 2020 Lengkap

sumber: google

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Kami
%d blogger menyukai ini: