Tips Aman Menyimpan Uang Saat Menunaikan Ibadah Haji & Umroh

Tips Aman Menyimpan Uang Saat Menunaikan Ibadah Haji & Umroh

Ketika sedang menjalankan ibadah haji & umroh, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan salah satunya adalah finansial (keuangan). Anda harus mempersiapkan uang untuk berbagai keperluan, baik saat perjalanan maupun saat berada di Tanah Suci. Namun karena kelengahan dalam menyimpan uang, tak jarang ada jamaah yang kehilangan uang mereka. Hilangnya uang jamaah haji & umroh tersebut dapat disebabkan beberapa faktor, seperti: dicopet, dicuri, bahkan ada jamaah umroh yang dirampok.

Agar kejadian tersebut tak terjadi, ada baiknya para jamaah menyimpan uang mereka dengan benar agar uang tersebut tersimpan aman. Nah berikut adalah cara menyimpan uang yang aman dan tepat selama berada di Mekah maupun Madinah selama rangkaian beribadah haji. Simak ya!

1. Jangan Simpan Uang Hanya Satu Tempat

Simpan uang Anda di koper atau tas dengan cara dipisah-pisah, jangan hanya satu tempat lalu tutuplah dengan kunci gembok kecil di kedua restletingnya. Cara ini akan menghindari Anda dari kemungkinan kehilangan uang dalam jumlah yang sangat besar sekaligus.

2. Jangan Berlebihan Membawa Uang Tunai

Saat Anda harus membawa uang tunai ketika keluar dari kamar hotel, sebisa mungkin hindari membawa uang dalam jumlah yang banyak. Bawa seperlunya saja dan simpan sisanya di kamar hotel. Biasanya, ada aturan batas maksimum membawa uang tunai yang diberlakukan saat pergi ke luar negeri. Sehingga Anda juga tak perlu membawa banyak uang tunai dari Tanah Air.

 3. Gunakan Deposit Box

Ada beberapa hotel yang menyediakan safety box untuk menyimpan uang dan barang-barang berharga. Biasanya ini adalah fasilitas untuk hotel bintang 4 keatas. Nah dengan adanya safety box ini tentunya Anda bisa meninggalkan uang tunai yang dibawa ke Mekkah dalam kotak tersebut. Kalau tidak ada safety box, Anda bisa menyimpannya dalam koper yang terkunci rapat dengan gembok agar tidak ada yang bisa membukanya.

4. Gunakan ATM

Untuk meminimalisir resiko kehilangan uang, ada baiknya Anda menggunakan fasilitas ATM yang tersedia di Mekkah dan Madinah.  Anda tak harus membawa banyak uang tunai dari hotel ke tempat yang Anda tuju untuk berbelanja berbagai barang yang Anda inginkan.

5.  Pastikan Kamar Terkunci

Pelaku kejahatan bisa terjadi dimana dan kapan saja di pemondokan jamaah haji. Oleh karena itu saat akan meninggalkan kamar ataupun akan tidur pastikan kunci kamar sudah terkunci ya Sahabat Info Haji.

6. Pastikan Tas Tempat Menyimpan Uang Selalu Dikunci

Usahakan tas yang Anda bawa terdapat gembok untuk menghindari pencopetan yang bisa saja terjadi saat Anda tengah berada dikeramaian. Selalu gunakan gembok tersebut kemanapun Anda akan pergi sekalipun saat Anda sudah kembali ke dalam hotel.

7. Jangan Mudah Percaya

Tidak sedikit pelaku kejahatan yang berpura-pura menawarkan agar jemaah mudah mendapatkan akses saat di Tanah Suci. Misalnya untuk mencium batu Hajar Aswad. Maka dari itu Anda wajib berhati-hati dengan orang-orang yang menawarkan jasa tersebut. Jangan mudah percaya.

Selamat mencoba tips di atas Sahabat

#Tag : umroh jogja, umroh yogyakarta, umroh, umroh 2019, umroh jogja 2019, umroh murah, biro umroh, biro umroh jogja, biro umroh yogyakarta, travel umroh, travel umroh jogja, travel umroh yogyakarta, paket umroh, paket umroh jogja, paket umroh murah, paket umroh jogja 2019, paket umroh 2019, paket umroh jogja 2019, biaya umroh, biaya umroh 2019, biaya umroh jogja, biaya umroh murah, umroh zhafirah,  zhafirah jogja, zhafirah umroh, zhafirah mitra madina, Tips Aman Menyimpan Uang Saat Menunaikan Ibadah Haji & Umroh

admin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Kami
%d blogger menyukai ini: