Perbanyak Produk Indonesia untuk Kebutuhan Haji dan Umroh di Saudi NASIONAL

Perbanyak Produk Indonesia untuk Kebutuhan Haji dan Umroh di Saudi NASIONAL

Potensi jamaah haji dan umroh dari Indonesia terbilang besar. Pengusaha kedua negara bersepakat untuk meningkatkan suplai kebutuhan jamaah haji dan umroh Indonesia di Arab Saudi dari produk Indonesia. Mulai dari urusan makanan dan perlengkapan selama jamaah menginap di hotel.

Pertemuan antara pengusaha Indonesia dengan Arab Saudi digelar di Jakarta, Senin (14/10). Pertemuan tersebut diinisiasi oleh Indonesia-Saudi Arabia Business Council (ISABC) dan Saudi Arabia-Indonesia Business Council (SAIBC). Tidak kurang ada lima perjanjian di bidang bisnis ditandatangani dalam pertemuan tersebut.

Presiden of ISABC Muhammad Hasan Gaido, menyebut pelayanan haji dan umroh juga dibahas dalam pertemuan tersebut. “Setiap tahun ada satu juta lebih jamaah umroh dari Indonesia,” katanya. Selain itu setiap tahun ada 241 ribu jamaah haji Indonesia yang berangkat ke Arab Saudi.

Di balik layanan umroh dan haji tersebut, Hasan menuturkan ada potensi pasar yang besar. Dia berharap potensi pasar yang besar itu tidak hanya dirasakan oleh pengusaha Arab Saudi juga. Tetapi juga bisa dirasakan oleh pengusaha Indonesia. Sehingga bisa menimbulkan efek positif bagi perekonomian Indonesia.

Gaido menjelaskan tahun ini sudah mulai dilakukan ekspor patin dari Indonesia ke Arab Saudi untuk bahan pangan jamaah haji. Hasan menuturkan ke depan diharapkan bahan pangan yang diimpor Arab Saudi dari Indonesia semakin banyak dan beragam.

“Tidak hanya ikan dan makanan. Tetapi juga fasilitas hotel (juga dari Indonesia, Red),” katanya. Fasilitas hotel tersebut seperti handuk, sabun, serta perlengkapan menginap lainnya. Dia berharap ke depan semakin banyak produk-produk yang dibutuhkan jamaah haji dan umroh di Arab Saudi yang tertulis made in Indonesia.

Dia menjelaskan Arab Saudi memang terus menggenjot urusan pariwisata. Arab Saudi menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 30 juta pada masa mendatang.

Sementara itu, Presiden of Saudi Arabia-Indonesia Business Council (SAIBC) Maher Al Nahdi mendukung keinginan pengusaha Indonesia itu. “Pihak Arab Saudi akan memudahkan segala cara membantu jamaah Indonesia,” tuturnya. Dia berharap ke depan bakal semakin banyak makanan serta kebutuhan lain jamaah haji dan umroh yang didatangkan dari Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Kami
%d blogger menyukai ini:
bigboobsalert dude pounds slave in different bondages. watch aquaman online free amateur muscle fucked from behind.www.girlsway.world